Facebook

Breaking News
recent

Logam Jadi Salah Satu Komponen Perahu Kayu Mesir Kuno

Sebuah temuan dekat piramida Giza menunjukkan pertama kalinya masyarakat Mesir kuno menggunakan logam pada perahu mereka, sebuah logam bundar dan berbentuk U.

Logam Jadi Salah Satu Komponen Perahu Kayu Mesir Kuno 
Sebuah potongan kayu ditemukan lewat penggalian yang dilakukan dekat Piramida Giza. Temuan tersebut menunjukkan untuk pertama kalinya masyarakat Mesir kuno menggunakan logam untuk perahu mereka, menurut para arkeolog.
Logam berbentuk bundar dan huruf U ditemukan sebagai bagian dari komponen perahu tersebut. Temuan itu diketahui berasal dari tahun yang sama dengan kapal energi panas masa pemerintahan Khufu yang terkubur dekat piramida.
Perahu tersebut terkubur dekat ruang makam kerajaan, yang pernah digunakan dalam prosesi pemakaman firaun untuk perjalanan mereka selanjutnya setelah kematian.
Potongan kayu tersebut memiliki panjang delapan meter, lebar 40 sentimeter, dan ketebalan empat sentimeter.
"Dari perahu-perahu yang ditemukan di Mesir, kami tidak menemukan adanya penggunaan logam seperti yang digunakan oleh perahu temuan ini,” ujar Mohamed Mostafa abdel-Megeed, dari kementerian barang antik dan ahli pembuatan kapal kuno Mesir.
“Logam berbentuk U itu digunakan sebagai pedal untuk mencegah kayu beradu dengan kayu lainya,” ujar Sakuji Yoshimura, ahli Mesir dari Jepang.
Piramida Cheops merupakan piramida Giza terbesar. Piramida tersebut menjadi rumah bagi makan Firuaun Khufu yang memerintah lebih dari 4.500 tahun silam.
(Annisa Hardjanti/Sumber: AFP via Discovery News)
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.